Bicara tempat wisata di Indonesia, Bali dan Nusa Tenggara adalah dua tempat utama. Kedua daerah ini sama-sama memiliki obyek wisata yang bikin hati siapapun enggan untuk pulang.

Di Bali ada pantai Kuta yang sudah begitu terkenal itu. Kalau di Nusa Tenggara Barat ada Pantai Senggigi dan di Nusa Tenggar Timur ada Pantai Lasiana yang tak kalah menakjubkan.

Karenanya, Bali Nusa Tenggara Indonesia tak ubahnya gugusan yang menghadirkan keindahan. Di pulau-pulau yang saling berdampingan itu, tempat wisata indah mudah ditemukan. Membuat siapapun bakal betah untuk berlama-lama liburan.

Umumnya tempat wisata di daerah tersbeut berupa pantai. Di Bali, seperti Pantai Padang Panjang dan Pantai Jimbaran. kalau di NTB ada pantai Kuta Lombok. Lalu di NTT ada Pantai Pasir Panjang dan Pantai Tablolong.

Namun tak hanya itu. Bali dan Nusa Tenggara punya obyek wisata menarik lainnya. Di Bali khususnya mudah untuk menukan pura seperti Pura Uluwatu dan Pura tanah Lot. Kalau di NTB ada Pura Watu Bolong. Sementara NTT kaya akan pulau-pulau eksotis seperti Pula Kera dan Pulau Semau. NTB sendiri terkenal dengan deretan Pulau Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) yang sudah dikenal senatero dunia.

Kalau ingin pergi ke air terjun, Bali punya air terjun Banyumala yang terletak di Buleleng. Atau bisa juga ke air terjun Peguyangan. Ada lagi air terjun Tibumana di daerah Bangli. Kalau di NTB, air terjun Sendang Gile yang jadi tujuannya. Lalu untuk NTT punya air terjun Oenesu dan air terjun Oehala.

Kalau suka liburan ke danau, Danau Kelimutu di NTT wajib jadi pilihan destinasi. Kalau dana di NTB adalah danau Segara Anak yang memiliki panorama indah. Dan bagi yang suka naik gunung, Gunung Rinjani di NTB adalah “surga” yang mesti didaki.

Memang bicara tempat wisata di Bali dan Nusa Tenggara tak akan ada habisnya. Bahkan rasanya kalau kita mau menelusuri setiap tempat wisata di daerah tersebut, waktu sebulan pun rasanya belum cukup. Amat banyak obyek wisata yang mesti dikunjungi dan mungkin sesampainya di sana kita pun jadi tertegun dan ingin berlama-lama menikmatinya.

Luar biasa indah memang anugerah Tuhan pada bumi Indonesia. Banyaknya tempat wisata indah dan terkenal di Indonesia patut kita syukuri. Tentu dengan rajin mengunjungi dan menjaga kebersihan serta kealamian tempat wisata.