Kamu sedang hamil? Baik-baik deh jaga kehamilanmu agar tidak sampai mengalami ketuban pecah. Kondisi tersebut sangat berbahaya karena dapat membuat terjadinya lahir prematur.

Nah berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar kehamilanmu lancar, aman, dan bayi pun selalu sehat.

1. Jaga kesehatan ibu hamil
Selalu pantau kondisi ibu hamil agar dalam keadaan sehat. Sebab sering kali kondisi ibu hamil yang drop menjadi penyebab ketuban pecah.

2. Kontrol selalu ke dokter
jadwalkan rutin untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan demikian kondisi ibu hamil dan bayi dapat selalu terpantau dengan baik.

3. Perbanyak konsumsi vitamin C
Vitamin C dapat memperkuat membran sehingga potensi merembes atau bocornya air ketuban tidak sampai terjadi. Konsumsi vitamin C yang cukup agar kondisi membran menjadi kuat.

Baca juga: menghindari cara ketuban pecah dini 

4. Hindari merokok atau terpapar asap rokok
Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Untuk itu, hindari ibu merokok atau terkena asap rokok.

5. Perbanyak makan sayuran hijau
Untuk menjaga kondisi kehamilan gar sehat, usahakan untuk memperbanyak makan sayuran. Sayuran hijau dikenal memiliki kandungan zat besi yang dtinggi. Hal ini berguna untuk menguatkan ibu dan janin dalam kandungan.

6. Makan buah-buahan
Usahakan agar tiap harinya selalu ada buah yang dikonsumsi. Vitamin dari buah sangat membantu untuk membuat ibu dan janin menjadi kuat.

7. Konsumsi protein
Protein ini bisa didapatkan dengan mngonsumsi telur dan ikan. Fungsi protein terutama untuk membuat perkembangan otak janin menjadi sempurna.

8. Makan kacang hijau
Kacang hijau mengandung zat besi. Zat ini berguna untuk menguatkan kandungan ibu. Di samping itu, zat besi sangat dibutuhkan agar janin selalu dalam keadaan sehat.

9. Istirahat yang cukup
Bunda hamil harus sering beristirahat. Hindari untuk melakukan pekerjaan berat. Jika sudah merasa capek, sebaiknya bunda perlu segera beristirahat.

10. Hati-hati saat berhubungan intim
Dalam melakukan hubungan suami istri perlu melakukannya dengan hati-hati. Supaya tidak sampai berbahaya terhadap janin dalam kandungan. Beri pengertian pada suami agar melakukan kegiatan ini dengan penuh kehati-hatian.

11. Minum susu
Minum susu untuk ibu hamil. Susu tersebut sudah diformulasikan agar sesuai dengan kebutuhan ibu yang sedang mengandung. Sehingga diharapkan ibu dan janin pun selalu dalam keadaan sehat.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah ketuban agar tidak sampai pecah atau merembes. Jangan lupa juga selalu berdoa pada Tuhan agar selalu diberikan kesehatan. Amin.