Selain Pulau Bali, Pulau Flores menjadi magnet pariwisata bagi para wisatawan lokal ataupun asing. Kebanyakan objek wisata di Pulau Flores masih menyuguhkan keaslian alamnya. Salah satunya, Bajawa, Ibu Kota Kabupaten Ngada, NTT. Masyarakat di Bajawa masih belum terlalu mengenal teknologi namun Bajawa memiliki keindahan alam yang indah serta udara yang masih bersih. Beberapa maskapai penerbangan menyediakan rute penerbangan menuju Bajawa contohnya maskapai Nam Air yang merupakan anak perusahaan Sriwijaya Air. Harga tiket pesawat Nam Air dari Kupang ke Bajawa dikenakan biaya Rp886.500,-dengan waktu tempuh perjalanan satu jam.

Dengan harga yang cukup terjangkau, kamu bisa merasakan destinasi alam yang anti mainstream. Lima hal di bawah ini akan menjelaskan kenapa kamu harus segera berlibur ke Kota yang seperti mangkok ini, di antaranya:

1.Menawarkan Kebudayaan dan Adat yang Masih Asli

Jika kamu termasuk petualang yang gemar mencari adat budaya asli mengunjungi Bajawa adalah pilihan yang tepat. Pasalnya di Bajawa terdapat Dusun Wogo dan Bena yang masih memegang teguh tradisinya. Dusun atau Kampung Wogo terletak di Desa Ratogesa, waktu tempuh dengan berkendara hanya 25 menit dari Kota Bajawa. Di Kampung Wogo, kamu dapat melihat peninggalan budaya seperti hamparan bebatuan megalith yang merupakan kuburan nenek moyang dan kerap digunakan untuk upacara adat. Puluhan rumah di Kampung Wogo pun masih menggunakan rumah tradisional yang terbuat dari ijuk, bamboo, dan bahan kayu.

Salah satu tradisi yang bisa dicontoh dari warga Kampung Bena ialah para tetua adat dari suku-suku yang ada di Kampung Bene akan bermusyawarah terlebih dulu jika akan mengadakan acara adat. Sembilan suku yang ada di Kampung Bene di antaranya Dizi, Dizi Azi, Wahto, Deru Lalulewa, Deru Solamae, Ngada, Khopa, dan Ago. Kesembilan suku hidup dengan harmonis dan gotong royong.

2.Memiliki Makanan Tradisional yang Unik

Sui Wu’u, kuliner yang paling populer di Bajawa. Bagi kamu pecinta daging babi, pasti akan menyukai makanan satu ini. Daging babi yang diawetkan secara tradisional kemudian dicampur tepung jagung dan garam yang diisi dalam bamboo atau tuku. Setelah dimasukkan, Sui Wu’u dibakar. Tetesan minyak dari Sui Wu’u pun dapatmembuat daun papaya menjadi tidak pahit. Sui Wu’u dapat disimpan berbulan-bulan jika pembuatnya terampil dalam mengolah campuran bahan-bahannya. Bahkan, semakin lama disimpan semakin enak dan lezat disantap. Tak boleh ada orang yang melihat pembuatan Sui Wu’u. Menurut kepercayaan setempat, jika ada orang yang melihat, rasa Sui Wu’u tidak akan enak, cepat rusak, dan tidak tahan lama. Sui Wu’u sering dihidangkan saat upacara adat. Selain Sui Wu’u masih ada jagung bose, nasi bamboo, sambal teri, dan lawar untuk upacara adat. Sedangkan untuk makanan sehari-hari umumnya masyarakat Bajawa sering memasak tumis pucuk labu

3.Objek Wisata yang Beragam

Meskipun cuaca panas tapi kamu akan tetap merasakan udara yang sejuk saat di Bajawa. Sehingga, saat menjelalah sebanyak apapun objek wisata di Bajawa akan tetap asyik apalagi masyarakatnya yang ramah dan sopan.

Beberapa objek wisata yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Bajawa misalkan Wisata Alam Laut 17 Pulau Riung. Wisata Alam Laut 17 Pulau Riung dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam dengan berkendara. Di kawasan ini, kamu bisa mengelilingi 17 pulau besar dan kecil menggunakan speedboat. Kamu pun bisa menikmati keindahan bawah laut secara langsung dengan diving yang tersedia di Wisma Pesona Riung. Masih belum puas dengan wisata di bawah laut 17 Pulau Riung? Kamu bisa datang ke Mawar Laut yang masih berada di satu kawasan. Di Mawar Laut kamu dapat menyaksikan telur-telur kelinci laut yang saling melekat dan menyerupai bunga mawar.

Gemar mendaki? Kamu bisa menantang diri kamu sendiri untuk mendaki di gunung tertinggi di Kabupaten Ngada yakni Gunung Inerie. Setelah sampai di PuncakGunung Inerie, pemandangan Kota Bajawa dapat terlihat jelas.

Sudah tak sabarkan ingin segera berlibur ke Bajawa? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya sampai ke Bajawa, bisa menggunakan jalur darat dengan bus atau kereta dan juga dengan pesawat. Jika menggunakan kereta api, kamu harus terlebih dulu ke Surabaya. Kemudian dari Surabaya dengan Kapal Pelni melanjutkan ke Ende. Sesampainya di Ende dilanjutkan dengan naik bus. Namun, jika ingin lebih mudah, kamu bisa menggunakan pesawat. Dengan rute Jakarta ke Bajawa atau memulainya dari Kupang. Mengenai harga pesawat, kamu dapat mencari promo tiket pesawat melalui reservasi.com. Reservasi mengadakan promo potongan tiket pesawat hingga Rp1.000.000,-semua maskapai penerbangan dan tanpa minimum biaya. Jadi, terbang ke Bajawa masih tetap nyaman dan hemat!