Setiap wanita tentu ingin menjadi ibu yang baik untuk keluarga. Pertanyaannya, bagaimana cara untuk mewujudkannya?

Sebetulnya bicara mengenai karakter ibu ideal itu ada banyak. Di antaranya adalah memiliki peran kuat dalam mendidik anak. Sebab dengan penanaman pendidikan yang tepat, berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak nantinya.

Di samping itu, ibu yang baik tentu memiliki sifat keibuan. Mereka selalu menyayangi anak dan keluarganya dengan memberi perhatian yang tulis dan penuh. Namun bagaimanakah cara untuk mewujudkan hal ini? Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjadi ibu hebat.

1. Punya Jadwal yang Jelas

Pekerjaan ibu rumah tangga itu seabrek. Walau mungkin sudah ada pembantu yang ikut membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, namun tetap saja banyak yang harus dikerjakan. Oleh karenanya, seorang ibunda itu harus memiliki jadwal yang baik agar semua aktivitas yang harus dikerjakan bisa tertangani.

Sekalipun tidak harus menuliskannya di dalam catatan, biasanya seorang ibu sudah tahu apa saja yang harus dikerjakannya setiap harinya.  Nah, Anda harus mengatur juga kegiatan anak agar bisa terarah. Sehingga sejak dini anak sudah bisa memanfaatkan waktunya dengan baik.

2. Peluk anak

Pelukan ibu bisa menumbuhkan keterikatan dengan anak. Untuk itu sering-seringlah untuk memeluk anak. Anda bisa melakukannya setiap pagi misalnya saat anak mau berangkat sekolah. Pelukan itu akan meningkatkan hormon endorfin yang baik buat ibu dan anak. Walhasil hal ini akan membuat hidup kita lebih bahagia dan bebas stres.

3. Jangan Terlalu Menekan Anak

Memang setiap ibu ingin anaknya menjadi yang terbaik. Ingin anak agar ranking di sekolah, ingin juara saat ikut perlombaan, ingin mahir piano dan banyak lagi. Namun jangan sampai itu membuat anak menjadi stres.
Sebab sejatinya setiap anak itu dianugerahi kelebihan masing-masing. Kalau ternyata keinginan kita sebagai orangtua bertentangan dengan minat anak, sebaiknya lebih baik kita mengalah. Yang terpenting kita bisa mengarahkan anak agar bisa menjalankan apa yang menajdi kesukaannya dengan baik.

4. Keluarga adalah Utama

Orangtua, baik ayah dan ibu pasti akan menomorsatukan keluarga. Karena itu, mereka akan siap untuk memberi perhatian lebih saat anak membutuhkannya. Sebab itu merupakan bagian dari tanggung jawab sebagai orang tua.
Pemberian perhatian dan kasih sayang itu bukan diwujudkan hanya dengan memberi materi, namun juga dengan memberi kasih sayang.

5. Liburan Rutin

Buat jadwal agar Anda sekeluarga bisa rutin untuk jalan-jalan bersama. Bisa liburan ke sutau tempat atau cukup dengan jalan-jalan ke alun-alun kota. Hal ini bisa menumbuhkan kebersamaan sebagai sebuah keluarga. Tentu dengan begitu juga bisa membantu untuk menghindarkan Anda dari rasa stres.

6. Selalu Bersikap Positif

Ibunda yang baik akan selalu bersikap positif dan menularkan kebiasaan ini kepada seluruh anggota keluarga. Sehingga anak pun bisa bersikap demikian. banyak hal baik yang terjadi setiap harinya yang kadang membuat kita lupa untuk bersyukur. Sebaga ibunda, Anda berkewajiban untuk menjadi penjaga agar aura positif itu selalu tumbuh dalam keluarga Anda.

7. Waktu yang Berkualitas

Sekalipun mungkin Anda adalah ibu yang bekerja, namun tetap akan meluangkan waktu yang berkualitas dengan anak-anak. Sebab ini buka soal seberapa banyak waktu yang diluangkan, tapi seberapa baik kualitas kita dalam menjalin interakis dengan anak setiap harinya.

Bagikan Artikel !!