Sepatu sneakers saat ini merupakan salah satu fashion item yang sangat digemari oleh hampir sebagian besar orang, terutama anak muda. Selain bisa membuat penampilan si pemakai menjadi terlihat lebih trendi, sepatu sneakers juga sangat nyaman dipakai di berbagai kesempatan, baik saat santai berkumpul dengan teman-teman atau kegiatan jalan-jalan ke mall. Namun sayangnya karena sering dipakai, tak jarang sepatu sneakers yang kita punyai menjadi lebih rentan rusak karena perawatan yang kurang benar. Tentu Anda tidak mau bukan sepatu sneakers yang Anda miliki rusak begitu saja mengingat harga sepatu sneakers cukup mahal untuk yang ori.

Membeli sepatu sneakers yang baru memang cukup mudah dilakukan mengingat banyak toko sepatu maupun situs belanja online yang menjual jenis sepatu yang satu ini dengan varian yang cukup beragam. Terlebih lagi cukup mudah dibeli untuk Anda yang memiliki budget berlebih. Namun alangkah lebih baik jika Anda menggunakan uang dengan lebih bijak. Anda bisa melakukan perawatan pada sepatu sneakers dengan baik dan benar agar tidak perlu membeli sepatu yang baru. Nah, agar sepatu sneakers Anda awet dan tahan lama meskipun dipakai berkali-kali, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan seperti yang berikut ini:

Menggunakan nail polish untuk menutupi bagian sneakers yang tergores

Terlalu sering digunakan terkadang menimbulkan beberapa goresan-goresan kecil pada sepatu sneakers, terlebih untuk jenis sneakers yang berwarna putih. Mengingat harga sepatu sneakers cukup mahal alangkah baiknya Anda memperbaikinya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan nail polish dengan warna yang sejenis dengan sneakers yang terkena goresan. Anda cukup mengoleskan saja nail polish pada goresan dan nantinya goresan tersebut akan menutup dengan sendirinya.

Menggunakan kain perca dan cuka untuk menghilangkan noda pada sneakers.

Jika sepatu sneakers Anda terkena noda yang cukup membandel, Anda bisa menggunakan kain perca yang telah dibasahi dengan cuka. Gunakan keduanya untuk membersihkan sepatu sneakers Anda.

Membersihkan tali sepatu dengan mencucinya menggunakan air hangat.

Jika biasanya Anda membersihkan tali sepatu dengan mencucinya melalui mesin cuci, cobalah untuk mencuci dengan cara yang berbeda. Anda bisa mencuci tali sepatu menggunakan air hangat dan sabun. Anda akan mendapatkan hasil yang akan sangat berbeda, terutama untuk tali sepatu yang berwarna putih.

Masukkan kertas ke dalam sepatu setelah selesai mencuci.

Sepatu yang selesai dicuci akan menjadi lembab. Untuk membantu mempercepat proses pengeringannya, Anda bisa memasukkan gulingan kertas ke dalam sepatu. Gulungan kertas ini nantinya akan menyerap kelembaban air yang masih tertinggal di bagian dalam sepatu.

Menghilangkan noda berminyak pada sepatu menggunakan shampo.

Kondisi jalanan yang kita lewati tidak menentu, belum lagi jika sepatu terkena noda dari tumpahan entah minuman atau makanan yang berminyak. Jika Anda mengalami hal ini, Anda cukup pergunakan shampo untuk membersihkan sepatu sneakers Anda. Shampo cukup efektif untuk membersihkan noda minyak yang menempel pada sepatu. Agar lebih bersih maksimal gunakan air hangat dan alat penggosoknya menggunakan sikat gigi.

Meletakkan sepatu sneakers di dalam ruangan.

Daripada digunakan untuk membeli yang baru, mengingat harga sepatu sneakers yang ori cukup mahal, Anda bisa merawat sneakers dengan cara yang cukup sederhana. Anda hanya perlu meletakkan sepatu sneakers di dalam ruangan ketika tidak digunakan. Paparan sinar matahari yang mengenai sepatu Anda secara berlebihan akan membuat warna sepatu menjadi lebih cepat pudar. Untuk itu jangan sampai lupa memasukkan sneakers jika sudah tidak dipakai untuk bepergian.

Bagikan Artikel !!