manfaat teh hitam

Tahukah kamu apa saja kegunaan teh hitam itu? Ternyata bukan saja manfaat teh hitam bisa berguna untuk perawatan rambut, tapi ada sederet manfaat lainnya yang mesti kamu ketahui.

Langsung saja, ini dia lima manfaat teh hitam yang perlu kamu tahu.

1. Antioksidan

Inilah salah satu manfaat teh hitam untuk kesehatan. Berguna sebagai antioksidan sehingga bisa menghilangkan radikal bebas serta mengurangi kerusakan sel di dalam tubuh. Sehingga pada akhirnya bisa mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya.

Jenis antioksidan yang terdapat pada teh hitam adalah polifenol. Di dalamnya termasuk jenis catechins yang berguna untuk meningkatkan kesehatan kita.

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa teh hitam ini bermanfaat untuk menurunkan obesitas, kolesterol serta diabetes. Selain itu, mengonsumsi teh hitam secara teratur juga berguna untuk menurunkan lemak tubuh.

Walau ada juga suplemen yang mengandung antioksidan, tapi rekomendasi dari banyak pakar adalah yang terbaik untuk mendapatkan antioksidan ini dari makanan dan minuman.

Oleh karena itu, minum teh hitam sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita.

2. Meningkatkan Fokus

Kalau selama ini kamu tergolong orang yang susah untuk melakukan konsentrasi dan fokus, coba sekarang untuk rutin minum teh hitam.

Minuman ini mengandung kafein dan asam amino L-teanin yang bisa meningkatkan fokus kita. L-teanin ini yang berfungsi untuk meningkatkan aktivitas alfa di otak sehingga menjadi lebih rileks dan lebih fokus.

Itu sebabnya mengapa banyak orang merasa lebih nyaman setelah minum teh hitam. Kandungan itulah yang membantu meningkatkan fokus kita.

Jadi bagi kamu yang selama ini merasa sulit untuk fokus, coba deh untuk rutin minum teh hitam.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Teh hitam mengandung polifenol yang dapat mencegah sekaligus memberantas sel kanker.

Banyak penelitian sudah menunjukkan polifenol berguna untuk menangkal pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Begitu juga dengan manfaat polifenol pada kanker payudara sangat membantu untuk mengatasi penyebaran tumor payudara.

Dengan demikian, memang sangat baik untuk secara rutin mengonsumsi teh hitam untuk mencegah sel kanker menjalar ke dalam tubuh kita.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah harus selalu terkontrol. Jika sampai naik maka dapat menyebabkan terjadinya komplikasi kesehatan, seperti diabetes, obesitas, gagal ginjal hingga terjadinya depresi.

Penyebab meningkatnya kadar gula darah ini seringkali dipicu karena konsumsi gula yang berlebihan. Konsumsi gula berlebih dari yang dibutuhkan tubuh itu nantinya akan disimpan menjadi lemak.

Nah, kamu bisa mulai rutin mengonsumsi teh hitam sebagai salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah. Cara kerjanya, teh hitam ini dapat meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh.

Ketika tubuh kita dialiri teh hitam, maka terjadi peningkatan aktivitas insulin 15 kali lipat dari biasanya. Dengan begitu, kandungan teh hitam ini terbukti bermanfaat nyata untuk meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

5. Mengurangi Resiko Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan banyak terjadinya kematian. Untungnya, stroke ini bisa kita cegah dengan mengatur pola makan, berolahraga, dan mengonsumsi teh hitam.

Ada penelitian yang menyebutkan teh hitam berguna untuk mengurangi risiko terkena stroke. Dalam penelitian tersebut dikemukakan bahwa ornag yang rajin minum teh hitam berpeluang memiliki risiko terkena stroke lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

Kita bisa mengonsumsi tiga cangkir teh hitam setiap hari untuk mengurangi resiko terkena stroke.

Itulah sejumlah manfaat teh hitam yang amat penting bagi kesehatan kita. Ngomong-ngomong apakah kamu sudah minum teh hitam hari ini?

Bagikan Artikel !!