dealer mobil

Tahukah kamu bagaimana cara memilih dealer mobil dengan kualitas terbaik? Saat ini, calon pembeli mobil tak hanya memerhatikan soal harga saja, tapi mereka juga melihat pengalaman saat hendak membeli mobil sebagai hal yang penting.

Biasanya, pembeli yang selektif akan berkunjung ke beberapa dealer. Selain melihat harga, mereka akan membandingkan bagaimana pelayanan yang mereka terima. Barulah setelah itu mereka akan putuskan untuk membeli mobil yang diinginkannya.

Saat ini, sebelum berkunjung ke sebuah dealer, mulai muncul tren calon pembeli ini akan mencari info terlebih dulu mengenai dealer untuk merek mobil yang diinginkannya. Barulah setelah itu konsumen akan datang guna melihat langsung unit mobil.

Saat melakukan pencarian informasi itu, informasi apa saja yang mereka cari?

baisanya calon pencari mobil ini akan mengetikkan di Google dengan kata kunci sebagai berikut:

dealer + brand mobil + kota / daerah

Sebagai contoh, jika mereka mencari dealer Toyota di Jakarta, maka yang mereka ketikan bisa:

  • dealer toyota jakarta pusat
  • dealer toyota jakarta selatan
  • dealer toyota jakarta timur
  • dan sejenisnya

Dari sana kemudian mereka akan menelurusi web yang muncul untuk mengetahui lebih jauh mengenai dealer yang menjual mobil Toyota ini.

Selain lewat search engine Google, tool yang juga sering dipakai adalah Google Map. Caranya bisa lebih singkat karena konsumen ini tinggal ketikkan saja dealer mobil itu di kotak pencarian map dan kemudian akan langsung muncul keseluruhan hasilnya.

Calon pembeli mobil ini dengan mudah kemudian akan memilih dealer terdekat. Dengan Google map ini juga bisa diketahui jalur tercepat untuk menuju lokasi dealer tersebut.

Cara lainnya juga bisa lewat social media, baik Instgaram, Facebook, atau yang lainnya. Sekalipun mungkin hal itu relatif jarang dilakukan. Sebab untuk inisiatif pencarian langsung ini biasnaya lebih banyak yang memilih menggunakan mesin pencari.

Itulah beberapa cara calon pembeli untuk menemukan dealer terdekat.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik dealer mobil? Tak pelak, memang pemilik dealer haru ikut berlomba untuk menjalankan digital marketing.

Sebab dari potensi pengunjung yang sampai datang ke dealer itu besar potensinya untuk membeli mobil.

Maka yang bisa dilakukan adalah:

Melakukan optimasi situs untuk mesin pencari.

Dengan begitu dealer mobil milik Anda akan berada di urutan terdepan untuk hasil pencarian.

Dengan banyaknya pengunjung yang datang baisanya akan berkorelasi langsung dengan banyaknya jumlah kunjungan orang untuk datang ke dealer Anda.

Optimasi Google Map

Ini juga penting dilakukan. Melakukan optimasi Gmap sehingga nantinya juga bisa muncul di tampilan tertas.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah seperti dengan memperbanyak jumlah review yang muncul serta kualitas dari review itu sendiri.

Optimasi Social Media

Ini juga hal yang harus dilakukan. Bisa menjaring engagement yang tinggi dengan pengguna social media sesuai target bisa ikut juga mendorong peningkatan kunjungan ke dealer Anda.

Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya dengan mengadakan kuis, giveaway maupun terus membagikan konten bermanfaat.

Memang pengelola dealer saat ini harus lebih gencar lagi dalam melakukan aktivitas marketing. Tak cukup hanya dengan cara marketing konvensional, tapi perlu juga merambah ke marketing online.

Mungkin di setiap brand mobil ini sebetuklnya juga telah melakukan aktivitas pemasaran online ini. Akan tetapi akan sangat baik jika pihak dealer mobil juga melakukan hal serupa guna menunjang sekaligus mempertajam aktivitas pemasaran dealer.

Ujung-ujungnya bisa terasa langsung dari meningkatnya sales / penjualan mobil. Ya, begitulah cara atau alur bagaimana seorang calon pembeli sampai datang ke dealer Anda di era milenial ini.

Bagikan Artikel !!