minyak kelapa
source: lemonilo

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat yang sudah banyak dirasakan dengan penggunaan minyak kelapa.

1. Berat Badan

Ditinjau dari sisi kesehatan, minya kelapa berguna untuk menurunkan kegendutan. Sebabnya, minyak yang satu ini lebih mudah dicerna dibanding dengan minyak nabati yang lain. Sehingga metabolisme pada tubuh pun menjadi lebih lancar. Akibatnya bisa membantu untuk membakar kalori.

Sangat baik jika menggunakan minyak kelapa sebagai minyak goreng. Bisa Anda rasakan langsung manfaatnya terhadap tubuh.

2. Sehat bagi Jantung

Minyak yang satu ini juga berguna untuk mencegah kolesterol dan tekanan darah tinggi. Penyebabnya karena ada kandungan asam laurat pada minyak ini. Sehingga kadar kolesterol tinggi pun bisa dicegah.

3. Atasi Luka Bakar

Jika Anda mengalami luka bakar bisa coba menyembuhkannya dengan minyak ini.

Cara melakukannya pun mudah. Minyak kelapa atau VCO itu bisa dioleskan pada bagian yang terbakar. Tapi tidak perlu tebal-tebal. Dan dilakukan secara teratur hingga nantinya bekas luka itu menghilang.

Manfaatnya terasa secara alami untuk menyembuhkan kulit agar kembali mulus. Selain itu juga bisa mengurangi sakit akibat luka bakar tersebut. Penyembuhan berlangsung secara simultan karena minyak ini bisa mendukung kolagen yang berguna dalam penyembuhan luka.

4. Alzheimer

Bagi yang mengalami sakit alzheimer, bisa coba untuk menyembuhkannya dengan menggunakan minyak ini,. Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan kemampuan memori sehingga setidaknya penyakit alzheimer bisa dicegah agar tidak semakin parah.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat nyata dari minyak kelapa juga terasa dari peningkatan sistem kekebalan tubuh. Rutin mengonsumsinya bisa membantu tubuh lebih kuat sehingga tidak gampang sakit ketika mendapat serangan virus dan bakteri.

6. Ketombe

Jika selama ini Anda sering mengalami masalah ketombe yang tak berkesudahan, coba untuk menggunakan minyak ini. Terapkan setidaknya seminggu sekali untuk menghilangkan masalah dandruf pada kulit kepala.

7. Diabetes

Khasiat minyak kelapa juga bagus bagi yang selmaa ini mengalami diabetes. Sebab minyak ini dapat memperbaiki kadar gula dalam tubuh.

Sejumlah penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara pemakaian minyak ini dengan turunnya kadar gula.

8. Jerawat

Ingin punya wajah mulus bebas jerawat? Jika selama ini Anda sudah mencoba berbagai obat atau tips untuk menyembuhkan jerawat tapi tak kunjung juga terwujud, coba dengan minyak kelapa.

Cara menggunakannya, bisa bersihkan wajah terlebih dulu. Kemudian keringkan wajah dan oleskan minyak kelapa ini pada jerawat. Diamkan dan barulah Anda bisa mencuci muka keesokan harinya.

Sebaiknya penerapan minyak ini dilakukan sebelum tidur agar Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal.

9. Alergi

Jika selama ini sering kali kulit mengalami gatal karena alergi, coba untuk meredakannya dengan minyak ini.

Untuk cara melakukannya pun mudah. Minyak kelapa ini hanya perlu dioleskan pada bagian kulit yang alergi. Sebaiknya melakukannya pada malam hari sebelum tidur. Esoknya setelah bangun barulah Anda bias membersihkannya.

10. Kanker Kulit

Minyak ini juga berguna untuk mencegah kanker kulit. Sebab minyak kelapa memiliki vitamin E yang bisa mempercepat regenerasi sel kulit yang mengalami kerusakan.

11. Meredakan Ketegangan

Bagi Anda yang sedang lelah bisa coba melakukan pemijatan dengan minyak kelapa. Kandungan minyak ini bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

12. Penurun Panas Anak

Jika anak mengalami panas, coba untuk mengoleskan minyak ini dengan dicampur bawang merah. Kemudian ramuan minyak kelapa dan bawang merah ini bisa dibalurkan kepada tubuh. Pantau terus suhu tubuh anak hingga menurun.

Itulah beberapa manfaat VCO atau minyak kelapa bagi tubuh kita. Cobalah untuk selalu menyediakan minyak ini di rumah karena sering dibutuhkan.

Bagikan Artikel !!