obat disentri

Butuh obat disentri? Tiap orang pasti memiliki sensitivitas perut yang berbeda-beda. Salah satunya, sensitif terhadap jenis makanan tertentu sehingga memberikan efek sakit perut seperti diare dan disentri sehingga harus memperhatikan jenis asupan makanannya.

Apakah jenis penyakit disentri itu? Disentri adalah salah satu jenis penyakit atau gangguan pada sistem pencernaan yang umum dialami oleh banyak orang. Lebih detailnya, gangguan disentri ini terjadi pada peradangan usus besar dan ditandai dengan adanya lendir ketika buang air besar.

Meskipun terbilang penyakit yang umum, namun bukan berarti Anda dapat mengabaikanya. Justru disentri dapat mengancam kesehatan jika tidak diobati segera. Nah, sebelum Anda memilih obat kimia dari dokter, berikut rekomendasi obat disentri yang alami dengan khasiat yang ampuh yang dapat Anda coba!

Jus Jeruk

Siapa sangka, minuman lezat dan segar ini menjadi salah satu obat disentri alami yang dapat Anda coba. Bagaimana cara mengonsumsinya? Caranya, buatlah jus jeruk dengan sedikit tambahan air kemudian diminum.

Ketahuilah, jeruk ini efektif untuk mendorong bakteri baik yang ada dalam usus untuk tumbuh lebih banyak. Akan lebih baik jika Anda tambahkan yogurt ata buttermilk yang efektif untuk membunuh bakteri jahat juga produksi asam laktat. Dengan demikian, gangguan pencernaan Anda akan segera berakhir.

Susu Delima

Rekomendasi obat untuk atasi disentri ini dikhususkan bagi Anda yang tidak menyukai yogurt, maka dapat diganti dengan susu delima. Namun, Anda harus mencampur susu dengan kulit delima yang sudah direbus. Mengapa harus kulit delima?

Hal ini dikarenakan kulit delima mengandung banyak zat antioksidan. Komposisi ramuan susu delima yang baik untuk atasi disentri adalah 50 gram kulit delima dan 250 mililiter susu. Caranya, rebuslah 50 gram kulit delima ke dalam susu sebanyak 250 mililiter. Tunggu paling tidak selama 10 menit sampai mendidih dan angkat. Segera minum ramuan susu delima untuk atasi disentri selagi masih hangat.

Teh Hitam dan Madu

Rekomendasi ramuan disentri alami lainnya yang dapat Anda coba adalah teh hitam dan madu. Dalam teh hitam mengandung zat tannin yang efektif untuk mengurangi peradangan pada usus. Minumlah satu cangkir teh hitam yang masih hangat untuk mendinginkan perut khususnya usus yang bermasalah.

Sedangkan madu termasuk salah satu obat anti bakteri dan anti inflamasi sehingga efektif untuk atasi disentri. Akan lebih baik lagi jika Anda meminum teh hijau yang memiliki kandungan lebih manjur.

Wortel dan Pisang

Setiap orang pasti sudah tahu jika wortel dan pisang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi terutama vitamin dan mineral. Ketahuilah, kandungan gizi yang tinggi tersebut sangat ampuh sebagai tambahan energi untuk mengobati disentri. Untuk mengatasinya, silakan konsumsi lebih banyak makanan yang berserat dan kandungan energi tinggi supaya mampu mengembalikan kekuatan pada tubuh Anda.

Air Putih

Disamping berbagai pilihan obat alami di atas, air putih adalah obat yang paling dibutuhkan untuk mengatasi disentri. Pasalnya, ketika dehidrasi pasti tubuh mengalami dehidrasi dan cairan tubuh berkurang. Tak perlu langsung meminum dalam jumlah banyak. Silakan konsumsi sedikit demi sedikit asalkan lebih sering.

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat disentri alami yang dapat Anda coba. Silakan untuk menerapkannya pada anggota keluarga atau kerabat yang sedang mengalami disentri. Apabila penyakit tersebut tidak kunjung sembuh, segera lakukan tindakan medis dengan membawanya ke dokter. Semoga, penyakitnya cepat sembuh!

Bagikan Artikel !!