Punya mobil baru? Ingin tahu cara merawat mobil yang benar? Ya, perawatan mobil yang benar sangat berpengaruh terhadap keawetan mobil.

Bagi kamu yang baru memiliki mobil, kamu bisa coba beberapa tips yang disarankan dealer mobil Indonesia. Dengan perawatan mobil yang tepat, mobil akan lebih andal dan awet. Berikut ini beberapa tips dan prosedur benar merawat mobil yang bisa kamu lakukan.

1.Cek Oli Mesin

Rajin untuk memeriksa kondisi oli mesin. Setidaknya kamu perlu mengeceknya sebulan sekali. njika ada kebocoran oli, kamu harus segera mencoba mengatasinya.

2. Periksa Tekanan Udara Ban

Setidaknya tiap bulan sekali atau ketika hendak melakukan perjalanan jauh, kamu perlu melakukan pemeriksaan tekanan ban. Bukan hanya ban yang sedang dipakai, tapi juga ban cadangan.

Agar akurasinya tepat, kamu perlu melakukan pengecekan tekanan ban ini saat kondisi ban masih dingin atau mobil baru saja dikemudikan. Gunakan ukuran tekanan ban sesuai standar dari pabrikan. Biasanya di buku pedoman pemilik kendaran atau di bagian tertentu pada mobil, terdapat keterangan standar tekanan ban mobil yang ideal.

3. Cuci dan Bersihkan Mobil

Bagi pemilik mobil baru, hal ini pasti tak akan ketinggalan. Mobil akan sering dicuci. Selain mencuci sendiri, kita juga bisa membawa mobil ini ke tempat cuci mobil terdekat.

Fungsinya untuk menghilangkan debu maupun garam yang menempel di body kendaraan. Selain mencuci, juga perlu untuk membersihkannya secara berkala. Terutama pada bagian dalam (interior) mobil agar kondisi mobil selalu nyaman untuk digunakan.

4. Cek Saringan Udara

Filter udara juga perlu diganti sesuai dengan rekomendasi yang seharusnya. Terutama ketika filter itu sudah terasa kotor, maka gantilah.

5. Periksa Knalpot

Cek juga kondisi knalpot. Pastikan saluran pembuangan ini bisa berfungsi dengan baik. Dengarkan juga suara mesin dan keluarnya asap knalpot.

6. Periksa Rem

Pastikan rem berfungsi dengan baik. Bagi mobil yang baru hal ini mungkin masih belum masalah. Sebab setidaknya rem baru akan diperiksa setelah setidaknya 6 bulan pemakaian.

7. Bersihkan Radiator

Usahakan bagian radiator mobil selalu dalam keadaan bersih. Jika ada noda yang menempel, coba gunakan sikat untuk membersihkannya.

8. Periksa Aki

Periksa aki berfungsi dengan baik dan bebas korosi. Periksa juga level air aki, terutama jika kamu tinggal di lingkungan yang cukup panas, kamu perlu sering memeriksanya.

9. Baca buku manual

Sebaiknya kamu perlu membaca buku manual mobil ini. Dengan begitu, kamu bisa tahu seluk-beluk mobil tersebut.

Sebagian pemilik mobil baru, terkadang mengabaikan hal ini. Padahal segala informasi mengenai mobil yang baru dibelinya terdapat pada buku panduan tersebut.

10. Interior Selalu Bersih

Usahakan bagian interior mobil selalu bersih. Pada bagian karpet terbebas dari noda. Dengan rutin membersihkannya, kendaraan ini akan selalu siap dipakai.

11. Poles Mobil

Agar kondisi mobil selalu berkilau, poles mobil dengan cairan khusus. Selain bisa membawanya ke tempat cuci mobil, kamu pun bisa mencoba untuk memoles mobil sendiri.

Gunakan cairan poles mobil yang aman. Sehingga cat mobil akan aman dan kilau mobil pun akan terlihat nyata.

12. Lindungi Mobil

Jika tidak sedang dipakai, kita bisa tutup dengan mantel mobil. Selain itu, kita perlu hati-hati saat mengandarai mobil ini. Jika ada jalan berlubang, kita harus menghindarinya. Begitupun ketika melewati jalanan sempit, kita harus berhati-hati agar badan mobil tidak sampai tergores,.

Itulah beberapa langkah mudah merawat mobil. Coba praktikkan ke kendaraan yang baru kamu beli ya.

Bagikan Artikel !!