alat pengusir nyamuk

Banyak nyamuk memang menjengkelkan. Bikin susah tidur. Lalu apa alat pengusir nyamuk yang ampuh? Biar nyamuk-nyamuk nakal enggan untuk datang lagi.

Ada banyak sebetulnya alat pengusir nyamuk. Misalnya kamu bisa memilih alat ultrasonik untuk mengusir nyamuk, alat yang berupa semprotan, hingga obat nyamuk bakar.

Tapi sebetulnya ada cara alami untuk mengusir nyamuk agar tak menggigitmu. Apa saja itu?

1. Kelambu

Ya, mungkin alat ini sudah jarang banget dipakai. Tapi sebetulnya ini alat yang paling alami untuk mengusir nyamuk. Kamu bisa memasang ini di tempat tidur maka kamu pun akan terbebas dari serangan nyamuk.

Alat ini juga ramah lingkungan. Jadi buat kamu yang pro-lingkungan sangat disarankan untuk memasang kelambu di rumah.

Selain itu, dengan memasang kelambu di ranjang juga bisa bikin suasana lebih romantis.

2. Bersihkan Rumah

Ya, biar nyamuk nggak betah di rumah, kamu harus menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Istilahnya dulu dikenal dengan 5M yaitu:

  • Menguras: bak mandi maupun ember danw adah lainnya agar tidak menjadi sarang jentik nyamuk.
  • Menutup: Wadah air seperti bek dan ember harus selalu tertutup. Biar nyamuk tidak sampai meninggalkan jentik pada tempat ini.
  • Mengganti: kalau ada vas bunga di rumah, kamu perlu mengganti airnya.
  • Mengubur: Ketika ada sampah, kamu perlu mengburunya dalam-dalam. Jangan biarkan sampah berserakan karena bisa jadi ini akan menajdi asal-mula munculnya nyamuk di rumah.
  • Menaburkan: bisa taburkan obat abate di kamar mandi agar jentik nyamuk bisa mati.

3. Cat Warna Kuning

Cara alami lainnya untuk mengusir nyamuk adalah dengan mengecat tembok rumah dengan warna kuning. Menurut penelitian, warna kuning itu dibenci oleh nyamuk. Nah, karena itu coba deh untuk mulai pikirkan kapan mau mengganti cat dinding dengan warna kuning.

Biar hasilnya lebih bagus, bisa dipadukan dengan warna lainnya seperti krem dan putih.

4. Tanaman Pengusir Nyamuk

Di sekitar rumah bisa kita juga tanam “benteng” untuk mengusir rumah. Kita bisa tanam lavender. Bisa cari di toko penjual tanaman terdekat.

Tanaman yang satu ini mampu membuat nyamuk menjauh dan enggan untuk dekat-dekat. Kita bisa menaruhnya di sekitar halaman rumah maupun dalam rumah. Pastikan tanaman ini terawat agar selalu segar.

Selain lavender, kamu juga bisa menanam serai. Tanaman ini cocoknya ditanam di halaman rumah. Selain berfungsi untuk mengusir nyamuk, tanaman ini juga sering dibutuhkan misalnya untuk bahan memasak. Jadi memang baik banget jika kamu menanam tanaman ini di lingkungan rumah.

5. Taruh Bawang Putih

Cara alami untuk mengusir nyamuk juga bisa dengan meletakkan bawang putih. Kamu bisa meletakkan bahan ini di bagian-bagian rumah tertentu. Katanya sih, nyamuk nggak demen dengan bawang putih. Karena itu nantinya nyamuk akan terusir dengan sendirinya.

6. Kopi

Ya, kopi dipercaya juga untuk membuat nyamuk cepat minggat. Caranya, kkita bisa siapkan bvubuk kopi dan letakkan di wadah alumunium foil.

Setelah itu, kita bisa bakar bubuk kopi tadi. Nyamuk pun akan pergi dengan sendirinya. Ya, bau kopi memang tidak disukai nyamuk. Karena itu juga kamu nggak pernah lihat nyamuk minum kopi kan? đŸ˜€

Ada banyak cara dan alat pengusir nyamuk alami yang bisa kamu coba. Selama lingkungan kita selalu terjaga kebersihannya, kemungkinan besar nyamuk nggak akan betah. Jadi pastikan selalu menjaga kebersihan rumah ya.

Kalau masih ada nyamuk yang bendel, baru deh praktikkan cara-cara di atas untuk mengusirnya.

Bagikan Artikel !!