gambar ecommerce

Ecommerce merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut aktivitas penjualan, pemasaran, dan penyebaran, baik berupa produk ataupun jasa. Untuk transaksi dalam e-commerce misalnya seperti transaksi konvensional yang mana hal ini dapat terjadi antara sesama pebisnis dengan pihak pelanggan. Proses bisnis e-commerce menggunakan teknologi elektronik yang telah menghubungkan antara konsumen, perusahaan dan masyarakat dengan bentuk elektrik maupun pertukaran dan penjualan barang. Itulah definisi atau apa arti e commerce itu.

Untuk melakukan e-commerce dengan lancar maka penggunaan internet menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Selain itu foto produk yang Anda jual juga wajib diperhatikan dengan baik, terutama dari segi kualitas gambarnya supaya dapat mendorong bisnis Anda dalam menarik perhatian para calon pembeli. Karena mengingat bahwa pembelian e-commerce dapat berawal dari sebuah foto.

Berikut ini alasan mengapa bisnis ecommerce sangat diminati:

  • Dapat memudahkan aktivitas pemasaran produk secara online maupun digital marketing seperti produk jasa maupun barang. Hal ini dikarenakan adanya teknologi elektronik yang telah mencakup pasar secara meluas.
  • Dapat memudahkan proses pembelian atau penjualan barang tanpa harus bertemu langsung antara penjual dan pembeli karena kegiatan e-commerce bisa melalui teknologi elektronik yang akan menghubungkan diantara kedua belah pihak.
  • Bisa memberikan kemudahan untuk para pelaku bisnis dalam menyebarkan informasi mengenai produk ataupun layanan yang dimilikinya. Hal ini mengingat bahwa kehadiran internet sudah dapat digunakan oleh semua orang, sehingga hal ini akan lebih memudahkan para pelaku bisnis e-commerce.
  • Melalui teknologi dan metode pembayaran untuk transaksi kegiatan e-commerce dapat berjalan dengan sangat mudah.

Berikut ini keuntungan e-commerce:

Melakukan kegiatan ekonomi ternyata mampu memberikan banyak keuntungan kedua belah pihak. Oleh sebab itu kegiatan e-commerce di zaman milenial ini semakin banyak diminati oleh masyarakat yang menginginkan segala sesuatunya dilakukan dengan mudah. Hal ini menjadikan para masyarakat berusaha untuk membandingkan antara perdagangan konvensional dengan e-commerce.

Berikut ini keuntungan yang akan Anda dapatkan dari e-commerce, yaitu:

1. Modal yang dikeluarkan lebih sedikit

Untuk e-commerce yang dikeluarkan cenderung lebih sedikit. Hal ini dikarenakan pelaku e-commerce yang tidak membutuhkan ruang khusus yang dijadikan sebagai tempat usaha. Hal ini berbeda dengan perdagangan konvensional yang membutuhkan modal lebih banyak. Sementara bisnis e-commerce yang bisa dilakukan via online sehingga tidak perlu menyewa atau membeli kios.

2. Biaya promosi yang lebih minim

Para pelaku bisnis dapat melakukan promosi dengan biaya promosi yang cenderung lebih minim. Terlebih lagi jika Anda menggunakan fitur berupa Ads pada website tentu promosi produk atau jasa bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah dengan biaya yang lebih rendah.

3. Promosi lebih efisien

Jika dibandingkan dengan melakukan promosi dengan metode langsung tentu tidak hanya menghabiskan biaya saja, melainkan juga menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Sementara untuk promosi e-commerce dianggap lebih efisien karena memiliki jangkauan yang lebih luas, baik untuk kalangan anak-anak, dewasa, remaja maupun di berbagai segmen.

4. Minim resiko usaha

Untuk resiko usaha e-commerce dianggap jauh lebih minim karena modal yang dikeluarkan di awal tidak terlalu banyak. Dengan hal ini maka para pebisnis yang berkeinginan untuk memulai bisnisnya dari nol seringkali memanfaatkan bisnis e-commerce. Jika bisnis e-commerce mengalami kegagalan tentu kerugian yang ditanggung tidaklah terlalu besar. Bahkan pelaku e-commerce juga bisa saja tanpa mengeluarkan modal sedikit pun misalnya jadi reseller atau broker.

Dalam bisnis e-commerce tidak mengharuskan untuk bertemu langsung antara penjual dan pembeli, maka pihak penjual harus dapat menarik perhatian kepada para calon pembeli dengan mengedepankan foto. Sementara foto dalam sebuah produk memiliki peran yang sangat penting untuk bisa menarik para calon pembeli. Dengan hal ini maka Anda harus cerdas dalam mengambil foto yang terbaik dan berkualitas.

Bagikan Artikel !!