Printer 3D Mampu Bangun Sebuah Rumah dalam Hitungan Jam

Mungkin cerita bagaimana Bandung Bondowoso membangun seribu candi dalam satu malam tidak lagi menjadi sekedar dongeng saja.

Ya, penggunaan teknologi printer 3D yang semakin maju memungkinkan kita membangun rumah hanya dalam waktu kurang dari satu hari saja.

Adalah sebuah tim peneliti dari Universitas Southern California yang menguji sebuah printer 3D raksasa yang mempu membangun rumah hanya dalam waktu kurang dari 24 jam saja.

Teknologi yang disebut sebagai “Countour Crafting” ini memang didesain secara khusus oleh professor Behkrokh Khoshnevis untuk mengganti tenaga konstruksi manusia dengan robot raksasa.

Printer raksasa ini bekerja dengan dua buah penyangga, sebuah pipa penyalur beton cair dan sebuah lengan penaruh benda otpmatis.Pipa tadi akan mengeluarkan cor-coran beton ditempat yang sudah diprogramkan. Fungsi manusia nanti hanya akan memasang jendela dan pintu saja.

Contour Crafting ini diklaim dapat menekan harga rumah serta dapat diaplikasikan juga secara instan untuk membuat rumah darurat di daerah bencana. Teknologi ini juga dapat digunakan untuk membangun sebuah gedung perkantoran bertingkat bahkan sebuah menara.

Mesin printer yang lebih cocok disebut robot ini bahkan sudah termasuk dalam 25 teknologi inovasi terbaik pada tahun 2006 lalu. Meskipun bagitu, mesin ini masih perlu banyak pengujian agar benar-benar aman saat digunakan. Pertimbangan soal pengurangan tenaga kerja juga satu hal lain yang harus dipikirkan.

Image Credit: psfk.com

Bagikan Artikel !!

Recent Articles

Cara Mengobati Pilek Pada Anak

Saat mengalami pilek, anak-anak akan kesulitan dalam bernafas dan bisa membuatnya menjadi rewel karena merasa tidak nyaman. Namun, tahukah Anda kalau ada...

Booking Motor Baru Yamaha 2020

Menjelang akhir tahun, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. resmi memperkenalkan dua produk sport terbarunya kepada publik, yaitu All New XSR 155 dan...

Biar Nggak Tertipu, Begini Cara Membedakan Jam Tangan Original dan Palsu

sumber : hipwee.com Bagi kamu yang suka jam tangan dengan brand dari...

WeWork diambang bangkrut?

berita pemecatan dan kerugian wework PHK besar-besaran di WeWork telah dimulai sebagai bagian dari rencana perusahaan untuk memotong...

Bahaya Vertigo Berdasarkan Fakta Dibaliknya

Vertigo tergolong berbahaya dan sangat menyakitkan, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada obatnya. Akan...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox